Meraih Sukses Ala Iwak Nyuzz

Ibu Siti Rochanah memiliki merk dagang Iwak Nyuzz dari Ananda Jaya Industri, Semarang. Produk olahan ikan meliputi Bandeng Presto Vacuum, Udang Krispy Original dan Balado, Wader Laut Krispy Original dan Balado, Baby Fish Fillet Krispy, aneka sambal, dan Bumbu Nasi Goreng Instan, dijual dengan harga ekonomis mulai dari Rp16.000 hingga Rp80.000. Tentu saja sesuai dengan kualitas produk yang akan didapatkan oleh pembeli.

Bahan produksi Iwak Nyuzz merupakan bahan baku pilihan dan segar yang kemudian diolah dengan alat modern sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Produk yang dikemas pun hanya yang sudah lolos quality control, sehingga dapat dipastikan kualitas produk adalah yang terbaik.

Bisnis yang dimulai pada tahun 2001 ini juga membuat berbagai olahan kue dan roti seperti Nastar, Kastengel, Sagu Keju, Choco Chips Cookies, dan Kue Kacang dengan merk Ananda Roti dan Kue.

Menolak Gaptek

Meskipun hanya memiliki ijazah SLTP, Ibu Siti tidak hanya berdiam diri dan menyerahkan urusan digital kepada orang lain. Dengan dukungan dan bantuan anak – anaknya, Ibu Siti memiliki keinginan kuat untuk belajar menggunakan online marketplace seperti Bukalapaksebagai perantara penjualan produk – produk Iwak Nyuzz dan Ananda Jaya Industri.

Prestasi dan Penghargaan

Kesuksesannya dalam menggeluti bisnis makanan mulai dari olahan ikan, bumbu, hingga kue dan roti berbuah manis. Beliau mendapatkan juara dari berbagai penyelenggara untuk keuletan dalam menggeluti UMKM. Pada tahun 2019, Ibu Siti meraih beberapa gelar sekaligus yaitu, Juara I untuk Semarang UKM Award 2019, Juara I Inspirasi Perempuan Local Hero Award 2019 CSR Indonesia Power kategori Pemberdayaan Ekonomi, dan menepati posisi terbaik sebagai Purna Bakti Wirausaha BTPN. Beliau juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu Presiden Republik Indonesia untuk prestasinya yang membanggakan.

Pesan Untuk UMKM di Indonesia

Pelatihan dan fasilitas UMKM sudah disediakan baik oleh pemerintah maupun lembaga pemerhati UMKM. Sedangkan menurut Ibu Siti, banyak pelaku UMKM yang hanya mengharapkan bantuan dan tidak memperbaiki kualitas dari produk. Terutama jika untuk masalah ekspor, banyak UMKM yang tersandung masalah kelayakan kualitas dan kuantitas yang belum mencukupi. Padahal jika mereka berhasil memasarkan produk di seluruh Indonesia hasilnya sudah sangat bagus. Jadi beliau berharap untuk pelaku lainnya untuk memegang prinsip fokus, komitmen, dan tanggung jawab, serta fokus apa yang ada di depan mata.

Kesan Terhadap Festival UMKM88

Ibu siti mengungkapkan kekagumannya terhadap Festival UMKM88, khususnya pada acara yang digelar melalui Zoom dengan narasumber yang ahli pada bidangnya dan pelaku UMKM yang diundang dalam acara ini merupakan sebuah inspirasi, pembelajaran lebih lanjut, dan motivasi bagi beliau.

Beliau menyatakan bahwa UMKM yang ikut memamerkan produknya di Festival UMKM88 yang diadakan Infinite88 sudah terjamin legalitas dan sertifikasinya.

Penulis : Nugrahaning Anindita
Penyunting : Artana